RSS Feed

10 October 2010

Sedikit Gambaran Kerangka Dasar Akuntansi Keuangan

Laporan keuangan perusahaan umumnya disusun berdasarkan prinsip-prinsip akuntansi yang berterima umum untuk industri dimana perusahaan itu dikategorikan. Prinsip-prinsip akuntansi berterima umum tersebut mencakup semua standar serta interpretasi yang dikeluarkan oleh badan penyusun standar. 
Misalnya untuk perusahaan perbankan, laporan keuangannya harus disusun sesuai dengan prinsip-prinsip akuntansi untuk industri perbankan, untuk perusahaan tambang maka laporan keuangannya harus disusun sesuai dengan prinsip-prinsip akuntansi untuk industri pertambangan. Penerapan prinsip-prinsip ini harus dilakukan agar pemakai laporan keuangan bisa membandingkan kondisi perusahaan satu sama lainnya dalam industri yang sama sehingga dapat menilai kelebihan dan kekurangan masing-masing perusahaan. Jika demikian maka akan memudahkan pemakai laporan keuangan dalam membuat keputusan.
Prinsip-prinsip akuntansi yang berterima umum atau sering disebut dengan standar akuntansi keuangan tadi disusun berdasarkan kerangka pemikiran yang berisi tentang penjelasan-penjelasan atau konsep-konsep dasar mengapa dan bagaimana seharusnya laporan keuangan dibuat dengan menetapkan kriteria-kriteria tertentu agar tujuan yang diinginkan atas penyusunan laporan keuangan dapat tercapai.

Sumber : Muawanah, Umi, dkk. 2008. Konsep Dasar Akuntansi dan Pelaporan Keuangan, Jilid 3. Jakarta : Depdiknas


2 comments:

abenk_go_blog said...

nice post....salam kenal....check it out blog saya

Mas Dhar said...

Makasih dah sudi mampir di blog aq, kristik dan sarannya sangat diharapkan... Sukses selalu